Feb 4, 2010

Verifikasi Account Paypal Menggunakan Rekening Bank Lokal

Setelah beberapa waktu lalu bagi-bagi duit lewat PayPal Wishlist, sekarang PayPal mulai memberi kemudahan dalam pengurusan Verifikasi account PayPal. Hal ini baru saya ketahui kemaren setelah beberapa minggu yang lalu ada seorang teman yang menanyakan cara daftar dan verifikasi PayPal. Pada saat teman saya menanyakan caranya, saya hanya bisa jawab dengan kartu kredit atau VCC (virtual credit card). Emang gak ada cara lain? saya bilang engga! He he.. sok tau banget, karena beberapa tahun yang lalu saat saya daftar account Paypal dan melakukan verifikasi, hanya bisa dilakukan dengan kedua cara itu dan itupun masih dengan catatan saya tidak berani merekomendasikan penggunaan VCC dengan alasan tertentu. Bagi saya saat itu hanya ada satu cara daftar dan melakukan verifikasi PayPal yaitu dengan Kartu Kredit!

Nah beberapa hari yang lalu teman saya tersebut mencoba mendaftar account PayPal dan ternyata ada sesuatu yang baru disana. Apa itu? ternyata PayPal sudah support rekening Bank Lokal Indonesia untuk verifikasi account. Karena saya penasaran, saya coba mendaftar account baru untuk membuktikan kebenarannya. Dan ternyata memang benar ternyata kita dapat mendaftar dan melakukan verifikasi account PayPal menggunakan rekening bank lokal. Sekarang jadi ada 3 account deh.. he he serakah banget!

Terus bagaimana cara daftar? Gampang kok! Selama anda punya rekening di Bank, anda bisa memiliki PayPal yang terverifikasi. Jadi anda ngga perlu lagi keluar uang untuk beli VCC atau pusing mikir biaya tahunan Kartu Kredit. Yang perlu anda lakukan adalah melakukan registrasi PayPal di PayPal.com. Setelah anda terdaftar anda hanya perlu melakukan verifikasi, karena walaupun anda telah terdaftar, anda perlu melakukan verifikasi account untuk dapat menggunakan account PayPal.


Seperti terlihat pada screenshot, status pendaftaran account masih Unverified. Untuk mulai melakukan proses verifikasi silakan klik Get verified. Masukkan nama bank dan nomor rekening anda, masukkan juga kode bank anda (Bank Code). Setelah selesai melakukan proses tersebut anda perlu menunggu 1 sampai 3 hari kerja. Selama anda menunggu, saya sarankan untuk melakukan cek ke rekening apakah sudah terdapat 2 kiriman transfer berturut-turut dari PayPal.

Nah dua nilai transfer dari PayPal inilah yang nantinya anda gunakan untuk verifikasi account Paypal anda. Setelah anda mendapatkan dua nilai transfer dari Paypal, anda perlu melakukan login kembali ke account anda. Klik link Get verified kemudian, klik Confirm Bank Account. Nah anda tinggal memasukkan 2 nilai yang telah ditransfer ke rekening Bank anda dari PayPal. Disana ada 2 form, masukkan sesuai nilai yang dikirimkan PayPal. Selesai! Mudah bukan?

Catatan: Untuk memperoleh informasi mengenai kode bank anda (Bank Code). Anda bisa mendapatkannya di http://maseko.com/direktori-bank/

No comments: