Feb 7, 2010

Buaya Raksasa di Kalimantan Tertangkap: TV One Kurang Selektif?

Dari kemaren sore sampai tadi pagi, saya sempat terusik dengan berita dari TV One yang berkali-kali memberitakan penangkapan buaya rasaksa di Kalimantan, dimana berita tersebut disebutkan sebagai berita sumbangan dari pemirsa TV One. Saya cuman heran TV One sendiri ngga tahu atau kurang jeli, sehingga memberitakan penangkapan buaya tersebut sebagai berita aktual? Aktual? Anda bisa menilai sendiri lah..

Setahu dan seingat saya video kiriman pemirsa tersebut sudah hampir 2 tahun yang lalu ada di situs Youtube. Dan untuk memastikannya saya akhirnya baru saja browsing lagi video tersebut di youtube, dan akhirnya ketemu ini videonya:




Anda dapat melihat sendiri kapan video ini diupload. Jadi masihkan berita itu disebut sebagai informasi yang aktual? Ah ngga tahulah......... ngantuk mau tidur..

9 comments:

Anonymous said...

Setuju sekali, TV-One tidak teliti. Selain itu, panjang buaya sampai 15 meter adalah sangat-sangat luwaaar biasa, dan kayaknya gak mungkin laa. Saya tinggal di daerah banyak buaya, tak pernah ada yang sampai lebih dari 7 meter.

Haryo said...

Itulah, saya ngga paham kenapa demi ngejar sisi "aktual" sebagian besar media ngga ada proses verifikasi berita. Tapi langsung tayang demi menjadi yang pertama memberitakan.

Anonymous said...

Wonderfull, Ternyata di Indonesia masih ada buaya sebesar itu ya... panjangnya sudah lebih besar dari buaya Nill. Mungkin saja bukan buaya biasa, soalnya butuh beribu-ribu th /jutaan tahun utk segede itu/mungkin juga itu termasuk fosil hidup buaya purba Deinosuchus yg fosilnya sudah di temukan dgn panjang 15 meter!!!

Telapakkaki said...

Kalo menurutku bukan masalah kapan itu di publikasikannya... Tapi lebih mengarah ke objek yang di publikasikannya, Kasihan hewannya, masa di ikat seperti itu bukannya ada cara mengikat yang benar, seperti mulutnya yang diplester bukan seperti itu... Kalo emang nda ada usaha cari plesternya dong... Dan kalo memang niat menangkapnya pastinya udah disiapkan dong peralatan untuk menangkapnya...

Anonymous said...

wuidiiih...gede amat

Anonymous said...

ooooo kirain sungguhan, jebulne ngapusi

Haryo said...

Buaya emang besar.. tapi gak mungkin lah klo sampai 15 meter.
@Fauzi: Bukan ngapusi gan, cuman gak aktual aja, berita basi disebut sebagai berita aktual..

Keluarga Indonesia said...

Maunya balapan cepet2an ngasih berita pertama.. tapi sayang engga ada verifikasi dulu.. susah...

Alan Agil Fahmi said...

palsu ini gan, lihat aja yang ngerekam deket banget ama buayanya dan penontonnya jauh dari buayanya, uploadernya gak bisa ngukur kali, kalo buayanya emang 15m seharusnya sangat kurang besar karena beratnya dapat mencapai 8-10 ton lebih, dan kalo buayanya 15m beneran, masa alat keamananya cuma gitu doang, seharusnya bisa kabur langsung jika emang 15m