Jan 21, 2010

Penempatan Google Adsense + Chitika Premium: Kanibalisme?

Apakah penempatan dua jenis iklan PPC, pada halaman yang sama di dalam sebuah blog akan menimbulkan efek kanibalisme? Mungkin terlalu dini bagi saya untuk menentukan apakah memang benar bahwa penempatan dua jenis iklan PPC, yaitu Google Adsense dan ChitikaPremium pada halaman yang sama di dalam suatu blog malah akan menimbulkan efek kanibalisme, karena fenomena ini baru terlihat beberapa minggu ini. Namun setelah beberapa minggu dalam salah satu blog saya, menampakkan gejala kanibalisme.

Hal ini bermula saat saya mencoba untuk menempatkan iklan Chitika Premium, pada salah satu blog saya, beberapa minggu yang lalu. Karena jumlah pengunjung US dan Canada yang lumayan banyak, saya kemudian tertarik untuk menempatkan iklan ChitikaPremium dalam blog tersebut, yang memang sebelumnya sudah terpasang iklan Google Adsense. Dalam beberapa hari setelah menempatkan iklan ChitikaPremium, saya melihat pendapatan yang dihasilkan dari ChitikaPremium memang terlihat sangat menyenangkan karena nilai CTR yang cukup tinggi dan memberikan nilai CPC yang juga cukup besar. Sangat menggembirakan buat saya tentunya!!

Sayangnya dalam waktu yang bersamaan, saat saya melihat pendapatan yang dihasilkan dari Google Adsense justru menurun. Ada apa gerangan? Memang terdapat beberapa kemungkinan yang menyebabkan hal itu terjadi. Sampai saat ini saya masih ragu, apakah penyebabnya karena penempatan iklan ChitikaPremium di halaman blog mungkin terlihat lebih bagus daripada Google Adsense, sehingga pengunjung blog lebih tertarik dengan iklan yang ditampilkan oleh ChitikaPremium?Masih terlalu dini untuk menjawabnya, karena saya harus melakukan beberapa percobaan di blog saya yang lain dan saya mesti menunggu beberapa minggu lagi untuk mendapatkan jawabannya.
Mungkin anda juga mengalaminya?

1 comment:

om said...

saya lagi nyari2 info seperti ini gan, heee. kalau begitu saya gak berani untuk menempatkan dua iklan dalam satu blog, heee
oia gan, bagaimana cara agar di kunjungi visitor kanada? hee
thanks
http://omsambudy.blogspot.com