Mar 31, 2008

Sedikit Kebaikan yang Tersisa

Sedikit cerita saat saya pulang beberapa waktu yang lalu.. Singkat cerita..sampai di Jogja, saya benar-benar seperti orang bodoh –asline memang bodoh sih!- ternyata banyak yang sudah berubah! Saat itu saya berangkat dari Surabaya menggunakan bus malam dan saat sampai terminal Jogja, saya bingung! Terminalnya kok pindah? He he he…. Trus klo saya mau ganti bus menuju kota saya, saya mesti kemana? Mosok saya mesti muteri terminal untuk cari tempat mangkal bus yang menuju kota saya? Males!!
Nah.. inilah gaya saya untuk jaga gengsi.. biar ngga keliatan bodoh, saya jalan aja menyusuri koridor terminal sambil mikir bikin strategi gimana nanti cari informasi tanpa pernah tanya ke orang!! Saat saya liat tanda menuju toilet.. saya mengikuti arah ke toilet.. yang penting ke toilet dulu…! Tempat nyaman untuk berpikir he he he!! Saya cuman mikir.. dengan tampang seperti saya –rambut panjang bahkan sangat panjang, kumis ‘n jenggot acak-acakan ngga terawat, sangar kaya preman- Rasanya kok lucu klo sampe tanya ke orang! Lek orang jawa bilang “ Ngga sembodo karo tampange! He he he…. Apa kata dunia??

Thingg tong! Akhirnya ketemu juga cara untung-untungan… ntar duduk aja di deket para calo ‘n preman terminal… khan pastinya ada yg ngajak ngomong!
Habis dari toilet.. seperti rencana semula.. saya siapkan sebatang Dji Sam Soe kesukaan saya sambil duduk di koridor terminal.. dan seperti dugaan saya, belum sampai lima kali hisapan.. eh ada seorang bapak yang sudah cukup berumur tanya! Saya ngga tahu dia porter, kernet, calo atau tukang bersih2 terminal, saya ngga peduli!
Badhe tindak pundi mas? (“Mau pergi kemana mas?” –Red) tanya si bapak sambil tersenyum.
Badhe bidhal Purworejo Pak! Nenggo wektu rumiyin..” (“Mau pergi ke Purworejo Pak! Nunggu waktu dulu..”) jawab saya dengan seulas senyuman terindah diantara beribu senyuman saya yang ternyata sama sekali tidak indah… he he he…..
Itu alasan saya! Nunggu waktu!! Saya sengaja ngulur omongan untuk ngga tanya langsung ke dia, mesti ke bagian mana untuk nyari bus yang menuju ke kota Purworejo. Dan keberuntungan saya datang juga dengan begitu cepat!
Lha nika bus sing bidhal Purworejo pun badhe mangkat mas! Paling nggih sekedap malih!” (“Lha itu bus yang menuju Purworejo sudah mau berangkat mas! Paling ya sebentar lagi!”) kata si bapak sambil menunjuk ke kerumunan bus di seberang bangunan tempat saya duduk.
Ooo.. itu ternyata.. Dalam hati, saya berteriak kegirangan! He he he.. dapat juga akhirnya! Ternyata dewi keberuntungan masih sayang dengan saya.
Oo..nggih Pak.. mangke mawon.. niki taksih nenggo kok” (“Oo..iya Pak.. nanti saja.. ini masih menunggu kok”) Jawab saya. Tetap aja jaga gengsi.. biar ngga keliatan klo sebenarnya ngga tahu! He he he..
“Nggih pun.. monggo mas. Nek badhe bidhal, ngagem bus sing nika mawon mas.. cepet bis’e” (Ya sudah.. mari mas. Kalau mau berangkat, pakai bus yang itu saja mas.. busnya cepat”) kata si bapak sambil menunjuk salah satu bus, sembari melangkah pergi.
“Nggih pak.. maturnuwun” (“Iya pak.. terimasih”) Jawab saya.
Sambil meneruskan hisapan rokok, saya berpikir.. ini keberhasilan strategi saya (rasanya bukan!) atau ini keberuntungan saya.. atau karena ternyata di dunia ini masih banyak orang yang baik (seperti si bapak tadi) yang peduli dengan orang lain walaupun untuk sekedar menyapa…
Tapi satu hal yang saya tahu… jangan pernah seperti saya yang ngga mau bertanya untuk sekedar jaga gengsi, karena keberuntungan ngga selalu berpihak pada kita.. dan ngga semua orang peduli dengan orang lain.. walaupun saya berharap semoga saja masih banyak orang baik yang mau memberikan sedikit kebaikan dengan memberikan senyuman atau sapaan pada orang lain.

Semoga.....

No comments: